• 07 MAR 13
    Seminar Kepahlawanan

    Seminar Kepahlawanan

    Sumber : Unknown.blogspot.com

    Sumber : Unknown.blogspot.com

    Tuan Rondahaim Saragih Garingging diusulkan menjadi Pahlawan Nasional, hal tersebut adalah  salah satu rumusan dari enam rumusan Seminar Nasional Kepahlawanan Tuan Rondahaim Saragih yang diselenggarakan Pengurus Hasadaon Saragih Garingging, Boru Pakon Panagolan Kabupaten Simalungun bekerjasama dengan Universitas Efarina (UNEFA) di Aula Griya Hapoltakan Pematang Raya, Jumat (1/2).
    Keenam butir rumusan seminar tersebut adalah pertama bahwa dalam sejarah perjuangannya Tuan Rondahaim Saragih tidak pernah kompromi, tidak pernah menyerah dan tidak pernah ditawan dan tidak bisa ditaklukkan oleh pasukan Belanda. kedua Pemerintah Hindia-Belanda mengakui semangat, sikap dan kegigihan Tuan Rondahaim Saragih sehingga dijuluki sebagai “ Napoleon der Batak”. Ketiga mengenalkan sosok perjuangan Tuan Rondahaim Saragih Garingging dalam menentang penjajahan Beladan di Sumatera Utara melalui berbagai media, penerbitan buku-buku popular, buku-buku pelajaran  sejarah/muatan lokal atau monografi, artikel popular, pembuatan film dan lain-lain. Keempat  melakukan penelitian dan penulisan riwayat hidup dan perjuangan Tuan Rondahaim Saragih Garingging dalam menentang penjajahan Belanda di Sumatera Utara dari Simalungun secara komprehensif melalui penambahan, penggalian sumber-sumber tertulis berupa dokumen, arsip, dan atau kegiatan pendokumentasian memori kolektif masyarakat di Kabupaten Simalungun. Kelima mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara agar memperluas usaha mengenalkan sosok Tuan Rondahaim Saragih Garingging melalui penggunaan nama gedung/bangunan pada fasilitas atau sarana/prasarana publik seperti jalan, Rumah Sakit Pemerintah, stasiun terminal, jembatan dan lain-lain di Sumatera Utara. Keenam  mengusulkan Tuan Rondahaim Saragih Garingging kepada Presiden Republik Indonesia Cq Kementrian Sosial di Jakarta sebagai pahlawan dari Propinsi Sumatera Utara.
    Seminar tersebut membahas Kepahlawanan Tuan Rondahaim Saragih menentang penjajahan Belanda di Sumatera. Seminar yang dilaksanakan satu hari penuh itu dibuka secara resmi oleh Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM yang ditandai dengan pemukulan gong.

    Dalam hal ini Bupati didampingi oleh Walikota dan wakil Walikota Pematangsiantar, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Simalungun, Sekretaris Daerah, Pengurus Hasadaon Saragih Garingging, Boru pakon Panogolan dan disaksikan oleh para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh mmasyarakat.

    Ketua panitia seminar Darwan E Saragih ST MPd dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan seminar nasional diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan pra pesta bona taon hasadaon saragih garingging yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 2 Februari 2013 bertempat di balai pertemuan Jalan Pdt J Wismar.
    Seminar nasional ini juga dilaksanakan sebagai upaya tindak lanjut perjuangan masyarakat Simalungun kepada Pemerintah Republik Indonesia agar Tuan Rondahaim Saragih diangkat menjadi pahlawan nasional.
    “Kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Simalungun atas perjuangan sebelumnya Tuan Rondahaim Saragih pada tanggal 13 Agustus 1999 sudah diakui oleh Pemerintah RI dalam hal ini Presiden RI BJ Habibie yang telah menganugerahi  Tuan Rondahaim Saragih piagam tanda kehormatan bintang jasa utama”, ujar Darwan.
    Selanjutnya Darwan mengatakan bahwa, bertolak dari sinilah, maka Universitas Efarina (UNEFA) dan ihutan bolon Saragih Garingging sepakat bekerjasama untuk kembali mengusulkan Tuan Rondahaim Saragih sebagai pahlawan nasional dari Sumatera Utara dengan harapan seminar ini dapat diperoleh uraian akademis dan ilmiah sesuai kaidah historiografi tentang sosok kepahlawanan Tuan Rondahaim Saragih menentang kolonialisme Belanda.
    Sementara itu, Rektor Universitas Efarina (UNEFA) Prof Dr Erika R Saragih MS dalam sambutannya menjelaskan, Tuan Rondahaim dalam perjalanan hidupnya rela mengorbankan nyawanya, membela dan memperjuangkan rakyat serta menentang penjajahan kolonialisme Belanda.
    “Sosok Tuan Rondahaim harus mengakar dalam diri kita semua menjadi sumber inspirasi terutama anak-anak generasi muda kita. Sedangkan tujuan seminar ini antara lain untuk mengkaji secara akademis sebagai salah satu persyaratan pengusulan Tuan Rondahaim Saragih sebagai pahlawan nasional dari Sumatera Utara”, ujar Erika.
    Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan bahwa seminar ini dinilainya sangat strategis karena pelaksanaan seminar ini akan mengungkap fakta-fakta kejuangan yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis, yang telah diberikan oleh raja Raya yang terakhir yaitu Tuan Rondahaim Saragih dalam menentang penjajahan Belanda. “Saya harapkan agar bukti akademis kejuangan Tuan Rondahaim Saragih yang diuji dalam seminar ini dapat digunakan sebagai bahan untuk mengusulkan Tuan Rondahaim Saragih sebagai pahlawan nasional”, pungkasnya.
    Pelaksanaan seminar yang diikuti oleh kalangan anggota DPRD Simalungun, akademisi, para rahiwan, tokoh adat, tokoh masyarakat, mahasiswa, OKP, aparatur Pemerintah Kabupaten Simalungun, berjalan tertib aman dan lancar. Sebagai nara sumber dalam kegiatan ini berasal dari Kementrian Sosial RI, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara dan Pdt Juandaha Raya P Dasuha STh serta moderator Prof Dr Erika R Saragih MS.(tp)

    Sumber : http://suara-simalungun.blogspot.com/2013/03/suara-simalungun-edisi-539-kamis-7.html

Sylvester Williams Jersey